Kompetisi amatir akan berganti wajah mulai musim baru 2014 ini. Diawali dengan dibubarkannya Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI), PSSI kemudian menyiapkan format baru kompetisi antar tim-tim amatir yang jumlahnya ratusan lebih itu. Dari yang sebelumnya terdapat tiga strata (Divisi 1, Divisi 2, Divisi 3), dilebur menjadi satu bertajuk Liga Nusantara.

Keputusan itu dikeluarkan PSSI dari hasil Rapat Komite Eksekutif PSSI kemarin Sabtu (25/1) dan Kongres Tahunan PSSI (26/1) di Hotel Shangri-La, Surabaya. PSSI resmi membubarkan BLAI dan mengambil alih perannya dengan membentuk Departemen Khusus Kompetisi.

"Fungsi Badan Liga Amatir akan diambil alih oleh Departemen Khusus Kompetisi yang akan mengelola kompetisi Amatir dan Kelompok Umur,” ujar Joko Driyono, Sekjen PSSI. (aktual.co)

Pada format baru kompetisi amatir, ada dua fase, yaitu fase provinsi dan fase nasional. Fase provinsi dikelola langsung oleh masing-masing Asosiasi Provinsi. Juara tiap provinsi akan melaju ke babak nasional yang akan dikendalikan langsung oleh PSSI pusat.

Dari hasil kongres kemarin, juga diputuskan adanya perubahan sistem kompetisi dari yang tadinya sistem home tournament yang selama ini digunakan dengan sistem baru berupa kompetisi pendek minimal 6 bulan (@goal_id). Tapi masih belum disebutkan secara lengkap seperti apa sistem kompetisi baru yang akan digunakan itu dan kapan pelaksanaannya untuk musim 2014.

Musim 2014 ini akan menjadi musim terakhir Divisi 1 sebelum akhirnya digabung bersama Divisi 2 dan Divisi 3 yang tahun ini sudah mulai dilebur dalam Divisi Amatir.

/@aritsantoso

0 comments:

Post a Comment

 
Top