Alan (6) menghampiri tribun Tempurmania usai mencetak gol ke-3 Purworejo.
Purworejo akhirnya menang 3 - 2 atas Wonosobo. (foto: Awan)
Purworejo - Tim Purworejo U19 memastikan langkah ke Final Kualifikasi PORPROV Jateng 2013 Zona Kedu usai memetik poin penuh untuk kedua kalinya. Pada laga yang dimainkan kemarin Minggu (10/3) sore di Stadion WR Soepratman, Purworejo yang berlaku sebagai tuan rumah mampu menang dari Wonosobo dengan skor 3 - 2. Gol dicetak oleh Bambang (10), Ando (3), dan Alan (6). 

Awal babak pertama, Wonosobo memulai serangan dan nyaris membuka keunggulan andai bola sundulan salah satu pemainnya tidak melebar dari gawang Purworejo yang dijaga kiper Ridho. Selang 2 menit Purworejo balas mengancam lewat tendangan bebas Alan, tapi bola masih melambung di atas mistar gawang.

Memasuki paruh babak pertama, Purworejo mampu menekan lawan. Bahkan Fandi sempat membobol gawang Wonosobo, tapi dianulir karena asisten wasit sudah mengangkat bendera karena posisinya offside terlebih dulu. Peluang mencetak gol coba dibuat pemain no. 4 Purworejo yang melakukan tendangan dari jarak sekitar 30 meter. Bola yang meluncur lemah dengan mudah ditangkap kiper Wonosobo.

Asyik menyerang, Purworejo justru kecolongan gol lebih dulu pada menit ke-25. Bola tendangan pemain Wonosobo dari tengah lapangan gagal diamankan Ridho. Wonosobo unggul 0 - 1. Tapi selang 1 menit, Purworejo langsung membalas. Bambang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus menyamakan kedudukan, 1 - 1.

Menit ke-30, Purworejo akhirnya berbalik unggul melalui titik penalti. Wasit memberikan hukuman penalti setelah bola mengenai salah satu pemain Wonosobo. Ando yang dipercaya menjadi eksekutor dengan tenang melesakkan bola ke gawang Wonosobo. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2 - 1.

Babak kedua dimulai, Wonosobo langsung menekan pertahanan Purworejo. Beberapa peluang dibuat tapi tidak berujung gol. Purworejo membalas dengan serangan dari Alan dan Fandi. Nyaris tiki-taka kedua pemain tersebut menambah 1 gol untuk Purworejo jika bola tendangan Fandi tidak ditepis kiper Wonosobo.

Andri yang pada laga perdana mampu mencetak gol (lawan Kebumen) mencoba kembali mencatatkan namanya. Berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Alan, Andry menyambutnya dengan tendangan salto tapi bola menyamping jauh di sisi kanan gawang. Menit ke-11 babak kedua skor masih tetap 2 - 1.

Pertengahan babak kedua, permainan mulai memanas. Bahkan sempat terjadi keributan, beberapa pemain kedua kesebelasan saling dorong. Wasit juga harus mengeluarkan beberapa kartu kuning karena permainan cenderung keras. 

Setelah itu, Wonosobo yang tengah tertinggal gol mulai mendominasi serangan. Beberapa kali peluang dari pemain-pemain Wonosobo mengancam pertahanan Purworejo. Namun, solidnya pertahanan dan gemilangnya penampilan kiper Purworejo, Ridho, membuat Wonosobo gagal mengejar gol.

Dukungan Tempurmania kepada Skuat Purworejo U19. (foto: Awan)
Dukungan warga Purworejo dan Tempurmania yang turut memenuhi tribun Stadion WR Soepratman menjadi pelecut semangat para Skuad Muda Purworejo pada laga ini. Terbukti pada menit 42, Purworejo mampu memperbesar keunggulan. Pemain Purworejo bernomor 6, Alan, mencetak gol ke-3 dan mengubah skor menjadi 3 - 1. 

Memasuki menit-menit akhir babak kedua, kesalahan pemain belakang Purworejo harus dibayar dengan hukuman penalti. Wonosobo pun memperkecil ketertinggalan menjadi 3 - 2. Hingga wasit meniup peluit tanda babak kedua berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor akhir, Purworejo 3 - 2 Wonosobo. 

Purworejo lolos ke babak final dan akan bertemu dengan juara Grup B yang dihuni Kota Magelang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Temanggung. Final rencananya akan dimainkan pada tanggal 24/3 dan 31/3 dengan sistem kandang-tandang untuk memperebutkan 1 tiket lolos ke POPROV Jateng 2013 di Banyumas bulan Oktober mendatang. (@aritsantoso via Budi)

---------
Hasil dan klasemen sementara Grup A:

3/3: Kebumen 0 - 1 PURWOREJO
10/3: PURWOREJO 3 - 2 Wonosobo

1. PURWOREJO | 2x main | gol 4 - 2 | poin 6 (Lolos ke Final)
2. Wonosobo | 1x | 2 - 3 | 0
3. Kebumen | 1x | 0 - 1 | 0

0 comments:

Post a Comment

 
Top